Cari dengan judul

Translate

Minggu, 04 Desember 2016

contoh Laporan PPL Jurusan BK di SMPN 08 KOTA BIMA

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Praktek Pengalaman Lapangan  (PPL)
Berdasarkan pada kebijakan system pendidikan nasional yang berorientasi pada peningkatan mutu disemua jenjang pendidikan sebagai bagian yang sangat prinsipil dalam program skala nasional untuk menyiapkan tujuan pendidikan nasional yang termaksud dalam pembukaan UUD 1945.  Salah satu faktor penentu dalam upaya peningkatan pendidikan adalah meningkatakan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan yang sesuai dengan tuntutan sosial dan perubahan melalui kebijakan strategis yang terprogram secara sistematis. Jenjang pendidikan strata satu (S1) sebagai sebuah lembaga yang tuntut untuk mencetak output yang berkualitas dan kreatif serta membekali mahasiswa dengan berbagai kegiatan akademik kependidikan. Salah satunya adalah Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu
kegiatan tempat untuk menuntut kesiapan mental, yaitu kesiapan seorang dalam menjalankan sebuah kegiatan.
Dalam belajar mengajar, kegiatan bimbingan dan arahan harus di lakukan semaksimal mungkin dan di lengkapi dengan rasa tanggung jawab yang tinggi sehingga pengalaman memilki nilai untuk berpijak bagi kegiatan selanjutnya. Di samping kegiatan mental, juga sangat di butuhkan tersedianya saranadan prasarana yang memadai yang di jadikan penunjang dalam proses belajar mengajar. Sehubungan dengan itu PPL  juga pengaruh yang sangat besar terhadap cara mengajar yang baik di sebabkan karena pengalaman dapat memberikan andil yang cukup besar kepada seorang calon guru yang memilki kapasitas untuk turut serta dalam sederajat masyarakat yang tampil di bidang pendidikan dibadingkan bidang yang lainnya.
Kegiatan praktek pengalaman lapangan (PPL) akan memberikan kesempatan kepada semua mahasiswa STKIP Bima sebagai calon guru untuk menerapkan sejumlah ilmu pengetahuan yang berbau formal maupun non formal yang di dapatkan dari akademik untuk di transferkan kepada anak didik, dari kegiatan seperti inilah mahasiswa/i merenggut sejuta pengalaman yang di petik dari hasil pelaksanaan dan mempermudah seseorang guru menjadi insan pendidikan yang mempunyai kinerja profesional untuk di andalkan di masa yang akan datang sehingga mampu mencetak peserta didik yang berkualitas dalam segala dari segi kehidupan.
Maka tidak mengherankan sebagai besar bahwa seluruh orang di dunia mengatakan “pengalaman adalah guru yang baik, paling tidak kesuksesan bisa di raih dengan bertender terhadap nilai yang relevansi dengan nilai-nilai pengalaman yang ada” ini adalah dasar yang menjadi latar belakang pelaksanaan PPL ini STKIP Bima mengarahkan mahasiswa/i yaitu pada jenjang pendidikan SMP dan SMA sebagai pusat basis kerjanya.
  
B.     Pengertian Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Usaha untuk memahami, menghayati dan melaksanakan pendidikan program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai suatu tuntutan profesi yang harus dibina dan mendalami tentang apa sebenarnya tang di maksud debgan program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Untuk itu Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat di beri pengertian sebagai berikut: “Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai pengalaman lapangan yang merupakan prajabat guru yang di rancang secara khususu untuk menyiapkan calon guru untuk memiliki atau menguasai profesi kejuruan yang terpadu secara utuh sehingga nantinya mahasiswa tersebut diangkat menjadi guru, mereka dapat mengembangkan tugas dan tanggung jawab secara profesional.
Selain itu juga Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program mata kuliah proses belajar yang di rancang untuk melatih mahasiswa menguasai kemampuan keguruan yang integritas dan dipersyaratakan dalam pendidikan penjabatan guru yang di rancang secara khusus untuk menciptakan calon guru agar memilki dan menguasai profesi karena telah cukup mendapat bekal akademik yang terpadu secara utuh. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan muara program yang akan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengenal lapangan yang akan menjadi tugasnya secara akrab kemudian menerapkan segala teori pengetahuan keterampilan  dan wawasan yang di milki untuk dapat direalisasikan kedalam kelas sebenarnya.  

C.    Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Sebagai layaknya kegiatan yang lainya, maka Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai beberapa tujuan yang ingin di capai  oleh masing-masing lembaga pendidikan, yang merupakan media pendekatan mahasiswa S1 STKIP Bima dengan lingkungan teknik dan sosial kerjanya secara operasional pada basis mahasiswa dari uraian diatas maka Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) diperinci dalam beberapa diantaranya yaitu: 
1.      Tujuan Umum
Untuk membibing calon guru untuk menguasai kemampuan profesional keguruan sehingga  pada waktunya akan dapat melaksanakan tugas dengan baik.
2.      Tujuan Khusus
Secara khusus PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon guru, agar mereka:
a.       Mengenal lingkungan sekolah secara akrab.
b.      Menguasai berbagai keterampilan dasar mengajar.
c.       Mampu mengajarkan mata pelajaran yang sesuai dengan bidangnya.
d.      Mampu memberikan bimbingan belajar kepada murid yang memerlukan.
e.       Mampu memyelanggerakan kegiatan intra dan eksakurikuler.
f.       Mamou mengajarkan tugas administrasi sekolah dan kelas.

D.    Sasaran Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Setelah kegiatan praktek pengalaman lapangan berlangsung diharapkan bagi setiap peserta PPL mengetahui/memahami beberapa kemampuan yang wajib dimilki oleh seorang pendidik / guru dan bagaimana bentuk tugas dan tanggung jawab yang di lakukan. Dengan menunjuk pada latar belakang, pengertain dan tujuan, maka sasaran yang  ingin di capai dalam kegiatan PPL, terdiri dari:
1.      Mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab guru sebagai tenaga profesional yang dapat dibanggakan serta bagaimana implikasinya bagi pelaksanaan tenaga pendidikan (guru).
2.      Memiliki kemampuan yang harus dimilki oleh guru dan implikasi kemampuan tersebut tugas mengajar.
3.      Memiliki kepribadian yang mantap dan cakap, baik sikap dan tutur kata maupun penampilan yang mencerminkan jati diri guru yang benar-benar memahami profesinya sebagai tenaga pendidik.
4.      Mampu memberikan warna dalam dunia dalam dunia pendidikan dengan mencetak dan melahirkan peserta didik (PD) yang berkualitas dalam segala aspek kehidupan.
5.      Meningkatkakan kualitas dan kuantitas pengetahuan dan keterampilan yang dimilki dalam rangka pencapaian target tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah.

E.     Tempat Dan Waktu Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
1.      Waktu
Praktek Pengalaman Lapangan di sekolah dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus  sampai tanggal 10 November 2016
2.      Tempat

Praktek pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMPN 8 Kota Bima tahun pelajaran 2016/2017

BAGI REKAN-REKAN YANG MEMBUTUHKAN FILE LAPORAN INI. SILAHKAN DATANGI KONTER KAMI ATAU TLPN 082341300200

Tidak ada komentar: