RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : I/1
Tema : Aku dan Keluargaku
Standar Kompetensi : 1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara
perawatannya
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya
Indikator :
1.1.1 Menjelaskan nama-nama anggota tubuh al: mata, telinga,
hidung, lidah, kulit dan gigi
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah Pembelajaran ini siswa diharapkan mampu :
1. Menyebutkan nama-nama anggota tubuh yang diamati
2. Menjelaskan kegunaan anggota tubuh yang diamati
B. Materi Ajar:
1. Mengenal nama-nama anggota tubuh
2. Menjelaskan kegunaan anggota tubuh
3. Menunjukkan cara perwatan anggota tubuh
C. Metode Pembelajaran:
1. Pengamatan
2. Demonstrasi
3. Penemuan (inquiry)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
1. Eksplorasi
a. Guru memberikan apersepsi tentang anggota tubuh kita.
b. Guru menanyakan siswa untuk menyebutkan nama-nama anggota tubuh
2. Elaborasi
1. Kegiatan 1: (Mengenal nama-nama anggota tubuh)
a. Siswa dibimbing untuk mengamati gambar/model anggota tubuh
b. Siswa diberi potongan-potongan anggota tubuh dan nama masing-masing anggota tubuh
c. Siswa diajak untuk menyusun potongan-potongan anggota tubuh untuk membentuk satu badan
d. Masing-masing anggota tubuh kemudian ditempeli nama yang sesuai
2. Menyanyi disertai gerakan: Kepala pundak lutut kaki
3. Kegiatan 2: (Pengamatan untuk mengenal ciri-ciri anggota tubuh)
a. Siswa dibimbing untuk membentuk pasangan
b. Pasangan kemudian dibimbing untuk diskusi tentang kesamaan ciri anggota tubuh, misalnya jumlah anggota tubuh, warna kulit, warna rambut dll.
c. Siswa dibimbing untuk menjawab pertanyaan berikut:
a. Bagimana kamu berbeda atau sama dengan temanmu?
b. Apakah kamu memilki rambut, mata, tangan, dll?
c. Apakah kamu memiliki mata?
d. Apakah rambut kamu sama dengan temanmu?
e. Apakah bentuk wajah kamu sama dengan temanmu?
f. Bagimana kamu mengenali bahwa temanmu adalah “Budi’?
4. Kegiatan 4: (Mengenal fungsi anggota tubuh)
a. Guru meminta seorang sukarelawan dari siswa untuk maju di depan kelas
b. Tutup mata siswa tersebut, sementara siswa lainnya memperhatikan dan tanyakan yang dirasakan dengan penglihatannya
c. Mintalah siswa lainnya membuat kesimpulan apakah fungsi mata
5. Kegiatan 5: (Mengenal fungsi anggota tubuh)
a. Guru membimbing siswa untuk membentuk kelompok berpasangan
b. Siswa diminta untuk melakukan kegiatan serupa kegiatan 4 dan mintalah kelompok untuk menyimpulkan fungsi dari 5 angota tubuh:
No
|
Nama Anggota Tubuh
|
Kegunaan
|
3. Konfirmasi
1. Guru menguatkan nama-nama anggota tubuh
2. Guru menguatkan kebiasaan baik
3. Guru membimbing siswa untuk bernyanyi bersama
Dua mata saya
Dua mata saya
Hidung saya satu
Dua kaki saya
Pakai sepatu baru
*
Dua telinga saya
Yang kiri dan kanan
Satu mulut saya
Tidak berhenti makan
Hidung saya satu
Dua kaki saya
Pakai sepatu baru
*
Dua telinga saya
Yang kiri dan kanan
Satu mulut saya
Tidak berhenti makan
E. Alat dan Sumber Belajar
1. Gambar potongan anggota tubuh
2. Model teman
3. Alat tulis
5. Lembar kerja siswa
F. Penilaian
1. Tertulis
2. Lisan
3. Hasil observasi guru
4. Portofolio
5. Karya siswa
G. Tugas Rumah
1. Guru meminta siswa untuk membawa foto keluarga inti dan keluarga terdekat
2. Mengidentifikasi kesamaan ciri anggota tubuh siswa dengan yang dimiliki anggota
keluarganya
Soal
1) | |
A. |
B. |
C. |
2) | 2. |
A. |
B. |
C. |
3) | 3. kuku yang panjang sebaiknya ... |
A. |
B. |
C. |
4) | 4. agar tubuh sehat dan kuat sebaiknya makan sehari ... |
A. |
B. |
C. |
5) | 5. mengunyah makanan menggunakan ... |
A. |
B. |
C. |
essay
1. Mendengarkan musik menggunakan …
2. Rambut berwarna....
3. Fungsi kaki untuk...
4. di atasnya mata ada....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar