BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Berdasarkan
pada kebijakan system pendidikan
nasional yang berorientasi pada peningkatan mutu disemua jenjang pendidikan
sebagai bagian yang sangat prinsipil dalam program skala nasional untuk
menyiapkan tujuan pendidikan nasional yang termaksud dalam pembukaan UUD
1945. Salah satu faktor penentu dalam
upaya peningkatan pendidikan adalah meningkatakan kualitas pendidikan dan
tenaga kependidikan yang sesuai dengan tuntutan sosial dan perubahan melalui
kebijakan strategis yang terprogram secara sistematis. Jenjang pendidikan
strata satu (S1) sebagai sebuah lembaga yang tuntut untuk mencetak output yang
berkualitas dan kreatif serta membekali mahasiswa dengan berbagai kegiatan
akademik kependidikan. Salah satunya adalah Kegiatan Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL).
Kegiatan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu
kegiatan tempat untuk
menuntut kesiapan mental, yaitu kesiapan seorang dalam menjalankan sebuah
kegiatan.
Dalam
belajar mengajar, kegiatan bimbingan dan arahan harus di lakukan semaksimal
mungkin dan di lengkapi dengan rasa tanggung jawab yang tinggi sehingga
pengalaman memilki nilai untuk berpijak bagi kegiatan selanjutnya. Di samping
kegiatan mental, juga sangat di butuhkan tersedianya saranadan prasarana yang
memadai yang di jadikan penunjang
dalam proses belajar mengajar. Sehubungan dengan itu PPL juga pengaruh yang sangat besar terhadap cara
mengajar yang baik di sebabkan karena pengalaman dapat memberikan andil yang
cukup besar kepada seorang calon guru yang memilki kapasitas untuk turut serta
dalam sederajat masyarakat yang tampil di bidang pendidikan dibadingkan bidang
yang lainnya.
Kegiatan
praktek pengalaman lapangan (PPL) akan memberikan kesempatan kepada semua mahasiswa
STKIP Bima sebagai calon guru untuk menerapkan sejumlah ilmu pengetahuan yang
berbau formal maupun non formal yang di dapatkan dari akademik untuk di
transferkan kepada anak didik, dari kegiatan seperti inilah mahasiswa/i
merenggut sejuta pengalaman yang di petik dari hasil pelaksanaan dan
mempermudah seseorang guru menjadi insan pendidikan yang mempunyai kinerja
profesional untuk di andalkan di masa yang akan datang sehingga mampu mencetak
peserta didik yang berkualitas dalam segala dari segi kehidupan.
Maka
tidak mengherankan sebagai besar bahwa seluruh orang di dunia mengatakan “pengalaman adalah guru yang baik, paling
tidak kesuksesan bisa di raih dengan bertender terhadap nilai yang relevansi
dengan nilai-nilai pengalaman yang ada” ini adalah dasar yang menjadi latar
belakang pelaksanaan PPL ini STKIP Bima mengarahkan mahasiswa/i yaitu pada
jenjang pendidikan SMP dan SMA sebagai pusat basis kerjanya.
B.
Pengertian
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Usaha
untuk memahami, menghayati dan melaksanakan pendidikan program Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai suatu tuntutan profesi yang harus dibina dan
mendalami tentang apa sebenarnya tang di maksud debgan program Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL). Untuk itu Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat di
beri pengertian sebagai berikut: “Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah
sebagai pengalaman lapangan yang merupakan prajabat guru yang di rancang secara
khususu untuk menyiapkan calon guru untuk memiliki atau menguasai profesi
kejuruan yang terpadu secara utuh sehingga nantinya mahasiswa tersebut diangkat
menjadi guru, mereka dapat mengembangkan tugas dan tanggung jawab secara
profesional.
Selain
itu juga Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program mata
kuliah proses belajar yang di rancang untuk melatih mahasiswa menguasai
kemampuan keguruan yang integritas dan dipersyaratakan dalam pendidikan
penjabatan guru yang di rancang secara khusus untuk menciptakan calon guru agar
memilki dan menguasai profesi karena telah cukup mendapat bekal akademik yang
terpadu secara utuh. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan muara program
yang akan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengenal lapangan yang akan
menjadi tugasnya secara akrab kemudian menerapkan segala teori pengetahuan keterampilan dan wawasan yang di milki untuk dapat
direalisasikan kedalam kelas sebenarnya.
C.
Tujuan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Sebagai
layaknya kegiatan yang lainya, maka Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai
beberapa tujuan yang ingin di capai oleh
masing-masing lembaga pendidikan, yang merupakan media pendekatan mahasiswa S1
STKIP Bima dengan lingkungan teknik dan sosial kerjanya secara operasional pada
basis mahasiswa dari uraian diatas maka Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
diperinci dalam beberapa diantaranya yaitu:
1. Tujuan
Umum
Untuk
membibing calon guru untuk menguasai kemampuan profesional keguruan
sehingga pada waktunya akan dapat
melaksanakan tugas dengan baik.
2. Tujuan
Khusus
Secara
khusus PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon guru, agar
mereka:
a. Mengenal
lingkungan sekolah secara akrab.
b. Menguasai
berbagai keterampilan dasar mengajar.
c. Mampu
mengajarkan mata pelajaran yang sesuai dengan bidangnya.
d. Mampu
memberikan bimbingan belajar kepada murid yang memerlukan.
e. Mampu
memyelanggerakan kegiatan intra dan eksakurikuler.
f. Mamou
mengajarkan tugas administrasi sekolah dan kelas.
D.
Sasaran
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Setelah
kegiatan praktek pengalaman lapangan berlangsung diharapkan bagi setiap peserta
PPL mengetahui/memahami beberapa kemampuan yang wajib dimilki oleh seorang
pendidik / guru dan bagaimana bentuk tugas dan tanggung jawab yang di lakukan.
Dengan menunjuk pada latar belakang, pengertain dan tujuan, maka sasaran
yang ingin di capai dalam kegiatan PPL,
terdiri dari:
1. Mampu
melaksanakan tugas dan tanggung jawab guru sebagai tenaga profesional yang
dapat dibanggakan serta bagaimana implikasinya bagi pelaksanaan tenaga
pendidikan (guru).
2. Memiliki
kemampuan yang harus dimilki oleh guru dan implikasi kemampuan tersebut tugas
mengajar.
3. Memiliki
kepribadian yang mantap dan cakap, baik sikap dan tutur kata maupun penampilan
yang mencerminkan jati diri guru yang benar-benar memahami profesinya sebagai
tenaga pendidik.
4. Mampu
memberikan warna dalam dunia dalam dunia pendidikan dengan mencetak dan
melahirkan peserta didik (PD) yang berkualitas dalam segala aspek kehidupan.
5. Meningkatkakan
kualitas dan kuantitas pengetahuan dan keterampilan yang dimilki dalam rangka
pencapaian target tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah.
E.
Tempat
Dan Waktu Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
1. Waktu
Praktek Pengalaman Lapangan
di sekolah dilaksanakan mulai tanggal 10
Agustus sampai tanggal 10 November 2016
2. Tempat
Praktek
pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMPN
8 Kota Bima tahun pelajaran 2016/2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar